Rabu, 14 Februari 2018

Jenis-jenis Pembiayaan Syariah

Jika kita ingin membuka usaha sendiri tentunya membutuhkan modal. Hal ini bisa kita dapatkan dari tabungan sendiri, bisa juga dari pinjaman. Jika anda memilih untuk meminjam modal ke bank, hendaknya pilih bank syariah. Ada banyak ragam pembiayaansyariah yang bisa kita pilih, diantaranya:
  1. Pembiayaan modal kerja syariah
Pembiayaan yang satu ini merupakan pembiayaan dengan jangka waktu pendek dan panjang. Hal ini khusus bagi para pengusaha yang membutuhkan tambahan modal kerja. Biasanya modal ini digunakan untuk kebutuhan membayar biaya produksi, membeli bahan baku dan sebagainya. Namun pembiayaan ini hanya diberikan kepada nasabah yang membuka usaha yang memiliki prospek, tidak melanggar syariat islam dan undang-undang yang berlaku.

  1. Pembiayaan syariah dengan skema jual beli
Dalam hal ini pihak bank syariah akan membiayai pembelian barang kebutuhanmodal kerja yang dibutuhkan oleh nasabah. Pembiayaan yang diberikan sebesar harga pokok dengan ditambah margin keuntungan untuk bank syariah. Hal ini tentunya berdasarkan persetujuan antara pihak bank dan nasabah. Keuntungan tersebut nantinya akan menjadi bagian dari harga barang yang dijual.

Itulah beberapa jenis pembiayaan syariah yang bisa anda gunakan untuk penambahan modal usaha anda. Dengan menjadi nasabah bank syariah, anda dijamin terhindar dari riba karena tidak menggunakan sistem riba. Yang digunakan adalah sistem bagi hasil yang mana sudah disepakati pada perjanjian antara pihak bank dan nasabah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar