Rabu, 23 Mei 2018

Manfaat Zat Hijau Daun Bagi Manusia

Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang juga membutuhkan makanan. Bedanya dengan hewan dan manusia adalah tumbuhan juga memiliki kemampuan untuk berfotosintesis atau mendapatkan zat yang dibutuhkan sekaligus menghasilkan oksigen serta bahan makanan. Proses fotosintesis sebenarnya dapat diartikan sebagai sebuah proses pembuatan makanan oleh tumbuhan.  Fotosintesis ini hanya bisa dilakukan oleh tumbuhan yang memiliki zat hijau daun.
            Zat hijau daun atau klorofil adalah sebuah zat warna yang dimiliki oleh tumbuhan. Zat hijau daun ini terletak di bagian daun, lebih tepatnya dibawah permukaan atas dari daun. Manfaat zat hijau daun dan ini sangat banyak, dalam proses fotosintesis misalnya. Sedangkan untuk manusia, manfaat zat hijau daun ini diantaranya adalah untuk membantu kita dalam mengontrol rasa lapar. Selai itu, zat hijau daun juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka jika kita terluka, bisa juga menjadi antioksidan, serta dapat membantu mencegah anemia dengan cara membantu proses pembentukan eritrosit atau sel darah merah. Untuk para penderita kanker, klorofir juga memiliki manfaat untuk membantu penderita dalam proses terapi. Jadi kalau anda adalah penderita kanker yang sedang menjalani terapi, perbanyaklah makan makanan sayuran yang mengandung zat hijau tinggi.
            Apa sajakah contoh tumbuhan yang memiliki zat hijau daun? Contohnya yaitu sayuran hijau karena klorofil memberi warna hijau pada daun.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar