Senin, 19 Maret 2018

Pengertian dan Fungsi Bandwidth

Saat anda ingin langgan wifi di rumah, marketing dari provider tersebut pasti menyediakan pilihan paket bandwidth. Apa itu bandwidth dan apa fungsinya ? Bandwith adalah nilai  transfer data  yang dihitung dalam bit/detik  antara server dan client . Pengertian lainnya adalah lebar dari cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal. Fungsi  bandwidth sebagai berikut :
  1. Jalur pengiriman data
Fungsi bandwidth sebagai media atau pengiriman data yang dimiliki oleh jaringan tertentu. Fungsi ini berlaku di setiap jaringan computer
  1. Membatasi kecepatan transfer
Fungsi ini digunakan oleh administrator untuk menjaga jaringan agar jaringan tetap berfungsi dengan baik , dan menjaga agar user tidak mengaskses situs yang menyebabkanbendwidth tersedot dengan sangat banyak seperting download fil, akses streaming. Biasanya administrator akan  membagi bandwidth dengan adil dengan pengguna lainnnya, ini biasa dilakukan di warnet.
  1. Jumlah data yang ditransfer
Fungsi ini diterapkan oleh administrator jaringan dalam sebuah hosting. Misalkan web hosting menyediakan bandwidth hanya 2 GB per bulan, yang artinya adalaha jumlah maksimal transfer data sebanyak 2 GB. Ini dilakukan untuk pembeda antara paket hosting yang lebih rendan dengan yang lebih tinggi. Semakin besar bandwidth maka harga yang dikeluarkan akan semakin tinggi.

Itulah beberap fungsi dari bandwidth semoga artikel ini bisa bermanfaat, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar